Games Muslim vs Games Kafir, perlukah?

Adakah games selevel mobile legend tp dengan tokoh muslim?


Ada anak SD di sini. Suka sekali maim Mobile Legend.
Sy coba buka diskusi ketika dia nonton Story of Heroes, kebetulan yg sy lihat heronya ialah Cyclopes.
Cyclopes ini berpenampilan seperti Dajjal. Pengisi suara bilang kl 'hero ini sangat kuat....dsb'

Dibayangan saya, kl 'hero' seperti ini diberi image positif, jadi khawatir saat mereka benar2 bertemu DAJJAL. Tentu informasi 'positif' ini akan bekerja, yaitu mereka akan kagum pada DAJJAL.


Lalu, aq ikuti lagi..
Nama Heronya ialah Parsa, kata si anak. Ini hero baru. Aku coba amati, ikut nonton juga. Maksud ku, aku akan pelan2 menasehati. Pelan2 sekali, karena susah toh bagi anak yg sudah keasyikan/kecanduan utk kita larang

Nah..sekilas ditayangannya, diperlihatkan hero lain, hero perempuan. Tentu, hero perempuan dengan dada terbuka dan cuma pake segitiga. Persis seperti Wonder Woman.

Anak-anak, memang target empuk. Gambar semacam itu tentu belum menimbulkan syahwat mereka tapi gambar ini sebenarnya ditujukan untuk proses 'familiarisasi' agar familiar. Jadi nanti kalau lihat semacam tuh, terpikir 'ah sudah biasa', ya kan?

Kalau kita belajar perilaku konsumen atau ilmu komunikasi ataupun psikologi tentu kita paham bahwa proses merubah perilaku tuh/membentuk persepsi tuh ada tahapannya.
Tahapan familiarisasi (domain pengetahuan) neh diantara tahapan awal. Tujuannya agar mengenal saja dulu.

Nanti baru diberi informasi lebih lanjut dan terus menerus. Dicampur juga dengan promo/hadiah main games dapat 1 M!! tentu dari tahapan familiarisasi menjadi tahapan selanjutnya (perubahan sikap) gingga berujung ke perilaku (tindakan) si remaja


Nah..jika anak/remaja tidak memiliki pilihan mainan sejenis itu..saya khawatir tentang anak/remaja zaman NOW. Jadi, anak-anak, cucu dan cicit kita akan diserahkan pada mereka?

Apa yang bisa kita lakukan?

yang aku lakukan ialah, aku buat tulisan ini. Kalau kamu??

mudah2an ada gamer-gamer muslim yg terketuk dan tertantang. Ini amal jariyah bro!
Walau games cenderung melupakan. Tapi kita melawan games yg mudharatnya lebih besar dengan menyediakan games dengan mudharat yg lebih kecil!

Jika ada games dengan hero muslimah, menutup aurat. Tentu..indah sekali dakwah kita. Wallahu'alam


Comments

Popular Posts